Samstag, 11. Januar 2014

Berani Keluar dari Zona Nyaman (lagi)?

Kangen juga nulis pake bahasa Indonesia. Belakangan ini gw jadi banyak merenung. Ada ketakutan-ketakutan yang belakangan hilang timbul yang membuat gw flashback, tapi gw (masih) ga bisa menemukan keberanian yang sama.

Gw flashback ke masa 4 tahun lalu. Sebelum gw berangkat ke Jerman. Kenapa akhirnya gw berani memutuskan untuk kuliah jauh bgt dari rumah. Kenapa, kenapa, kenapa? (dan gw ga inget). Sampe 4 tahun yang lalu, gw aktif bgt di gereja, terutama di misdinar. Buat gw, misdinar itu keluarga kedua gw. Di situ dulu gw bener-bener merasa nyaman. Dan kalo lw udah nyaman, pasti lw ga mau segala sesuatunya berubah kan? Kalo gw inget-inget, dulu ketua-ketua gw tiba2 pada sibuk kuliah, jauh2 (ok, definisi jauh: depok n bandung-bekasi, hehehe), yg udah pada kuliah, jd jarang punya waktu lg buat misdinar atau jarang mau sibuk lagi sm misdinar. Tiba-tiba, gw merasa sepiiiiiiiiiiiiiiiii sesepi-sepinya. Gw berpikir "apa mereka ga merasa ini nyaman, seperti gw merasa ini nyaman? kenapa mereka ga mau, keep things just like the old days?" Saat itu gw berpikir, "the world changed, they changed, if they don't wanna stay, then I should also be the part of the change and nobody can stop me". Dari situ, I made myself new record of the definition of "far".

Sekarang gw lg di fase yang sama (lagi). Waktu gw lg ngerjain skripsi gw di labor, gw pengeeenn banget bisa kerja di labor itu lagi kalo gw udah selese. I find the people so warm hearted. I looked at each, just like how they are. Dengan personality mereka masing-masing, gw menganggap, satu labor gw itu sebagai satu paket. Jadi kalo ada yg kluar itu, kayak paket yang kurang, paket yang bolong. Nah jadi ceritanya, di labor gw ini lagi banyak pergantian personal. Okelah, student hampir setiap semester ada yg masuk ada yg kluar. Tapi ini mitarbeiternya (pegawainya) cing! Mulai dari partner dansa gw, temen baiknya, temen gw yg selalu bantuin gw, bentar lg temen seband gw. (semoga ga lebih banyak lg). Gw jadi bingung rasanya mau kerja di tempat ini apa ga. Emang sih sementara jadi lg banyak lowongan kosong walaupun belum ada proyek (which means ga ada kerjaan), tapi kalo sabar, pasti ada chancenya kerja di situ karena itungannya bukan orang baru. Di sisi lain, rasanya ada yg aneh, seolah-olah nempatin tempat orang yang lw pernah sayangin. Ya ga sih? Dari sini gw mulai berpikir lagi "will I also be the part of change? Pergi jauh lagi"

Sempet deh kepikiran buat melancong lagi, mgkn ke Belgia, Dublin, US. Iya banget. Rasanya gampang bgt waktu itu ngayalnya ya. Band gw, huh dulu sih bodo amat. Waktu itu pikiran gw, ya smpe konser pertama aja paling jadi tamu (feature of the band gitu lah). Sampe pada suatu malam, gw dapet SMS dari drummer band gw, 11 hari sebelum ultah gw. Dia bilang begini, "Gw pgn bilang ini sebelum terlambat, ....  Sejak kita bareng di band, kita sadar, kalau kita terikat secara emosional. Dlm bahasa Jerman istilahnya 'eine Bande' (sebuah ikatan) kepada sesuatu yang ga bisa dipisahkan. Cuma beda sedikit sm bahasa Inggris, tapi maknanya jauh lebih dalam. Stay with us, krn kamu bagian dari ikatan itu". Gw terenyuh. Sejak itu gw bener-bener jatuh cinta sama band gw. Gw bener2 merasakan, ini ikatan batin kita emang kuat ya. Sampe beberapa hari sebelum gw berlibur ke Indo, anggota band gw (yg paling tua) memutuskan keluar dari band, sampai waktu yg tidak bisa ditentukan. Alasannya masalah pekerjaan yg terlalu padat (di FH). Untungnya, band gw tidak bernasib seperti band gw yg satunya lagi, yg skrg bisa dibilang bubar jalan. Kita berusaha mengisi kekosongan. Coba sana coba sini. Dan sejauh ini, gw blm pernah ada di band yg seperti ini. Ikatan kita jadi semakin kuat. Dan gw ga mau menjadi orang selanjutnya yg mesti meninggalkan band yg sedang berusaha bangkit lg ini (itu namanya bikin repot).

Sejak itu, ini jadi kekhawatiran dan ketakutan terbesar gw. Gw cuma berpikir gimana caranya buat bisa dapet kerja atau master, yang penting gw bisa at least 2 minggu sekali pendeln ke Jülich (syukur-syukur tiap minggu)supaya gw ttp bisa main di band ini. Hari-hari gw jadi makin galau, mengingat gw cuma dapet rejection doang dan master pilihannya (tetep) jauh dari Jülich (yang gw pengen). Gw cm ga mau kuliah di Jülich, krn gw ga mau belajar itu lagi itu lagi. Tapi pilihannya jauh2 bgt.. Kalo ke Oldenburg, pendeln udah pasti ga murah dan lama bgt perjalanannya. Berapa lama gw akan bertahan pendeln ky gtu..

Gw berharap somehow, gw bisa mendapat kekuatan yang dulu gw punya waktu gw di Sanur. Bangun jam 4, berangkat sekolah jam 5, smpe rumah bisa jam 18 atau 19 (terutama pas kelas XII, bisa tiap hari kyna gini). Plus kalo pun emang harus pergi, gw bisa punya keberanian yang sama ky waktu dulu gw cabs ke Jerman.

Oh gees, gw bener-bener ga tau gimana harus memutuskan. Gw hanya berharap pada mukjizat......

2 Kommentare:

Kristanto Irawan Putra hat gesagt…

warm-hearted
kekuatan yang dimiliki unsur api dan barangkali juga bisa jadi salah satu kelemahan

aku paling sedih waktu harus ninggalin sma-ku dit.
bayangin aja, 24 jam sehari selama 3 tahun aku tinggal di sana
bener2 lingkungan belajar yg ideal, yg blm bisa aku temukan lagi di manapun sampai sekarang
(sekalipun di kota tercinta nan cantik bernama heidelberg ini)
sblm aku passing out meninggalkan sma ini, aku balik badan dan hormat grak sambil berlinangan air mata TT

tapi the life must go on
emg 3 tahun secara de facto udh lewat dan mungkin udh nggak ada lagi bzw. tinggal sedikit ilmu yg msh bisa diserap di sana..

ingat dit, ada 1 lagi koq kekuatan bzw. kelemahan unsur api: suka hal baru dan petualangan..!
aku yakin, akan ada baaanyak hal menarik lagi yg bisa kita pelajari di luar sana

yg penting kita tetap pegang teguh 1 prinsip dit:
di manapun berada, memberikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, negara, dan dunia..!
(#MottoAnakTN)

ich drück dir die Daumen..!!!

Unknown hat gesagt…

dit, walaupun kita jarang ngbrl, tp gw pgn ksi masukkan ttg opini gw nih kalau boleh :P
kalau menurut gw sih, pikiran" lu bagus jg n bener jg.. tapi menurut gw, itu lah hidup, all of the people around us go to their own way, and we're not supposed to be stuck in the past, instead we need to move on forwards too..

jadi kalo menurut gw, klo lu suka univ yg lu ud dpt di tangan itu, kalo emank lu mau lanjut master, jalanin aja dit.. teman" lu itu jg lu bsa kunjungin lg, bsa ketemuan lagi.. somehow.. somewhere.. pasti emank sulit,, tapi yah mau gimana lagi... gak mungkin kita harus yg jd korban terus untuk tinggal di masa lalu terus.. :)